Seorang bapak menunjukkan arloji kesayangan hadiah dari sang istri. |
Dalam bisnis online, faktor kepercayaan menjadi nilai yang begitu berharga. Maka, pedagang online sangat berhati hati dalam melakukan transaksi. Kualitas barang sangat diperhatikan dan juga sejarah bertransaksi.
Pedagang online yang kepingin lestari dan menjadi besar, tentu sangat menjaga kualitas transaksinya. Ketika sekali saja terjadi kekecewaan dengan pembeli, hal itu bisa mengurangi calon pembawa rezeki di kemudian hari.
Selain dari itu, transaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak acapkali menumbuhkan semangat persaudaraan yang semakin erat. Dalam pelajaran biologi terdapat istilah mutualisme.
Beberapa saat lalu, ada seorang ibu guru dari Lampung ingin memberikan hadiah jam tangan kepada suaminya. Karena tau dengan saya sama sama satu daerah maka dia menstransfer sejumlah uang untuk sebuah jam tangan. Setelah beberapa saat, arloji sampai ke Lampung.
Sebelum sampai ke tangan ibu yang beli, ternyata paketan ngendon cukup lama di kantor pos kecamatan setempat. Ibu guru ini sempat ketar ketir dengan nasib paketannya. Uang sudah terlanjur di transfer, sementara barang belum sampai.
Setelah beberapa hari, barulah paket jam tangan sampai ke tangan ibu pembeli ini. Cara setting arloji juga masih belum paham, maka dia sempat beberapa kali telpon cara mensettingnya.
Tidak begitu lama, ibu pembeli memposting gambar suaminya yang sudah memakai arloji hadiah istimewa tersebut.
Berawal dari sinilah, saling sapa dan tukar informasi berlanjut akan bersilaturahmi ketika akan mudik di Jogja. Transaksi acapkali membawa kebahagian jika sesuai kesepakatan.
0 komentar:
Posting Komentar